Siapa Bilang Anak IPS itu Buangan?

Bicara tentang jurusan IPS,aku setuju banget tu … ama judul bukunya Mba Damae, \”siapa bilang anak IPS itu buangan?”. Buktinya udah banyak juga anak Sosial yang menjuarai berbagai lomba, salah satunya mba Damae sendiri.
Oke! Gak usah panjang lebar,disini aku mau berbagi pengetahuan tentang Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya tentang Ekonomi.

Kata ekonomi berasal dari bahasa yunani, \”oikos” yakni \”rumah tangga” dan \” nomos” yang berarti \”aturan”. Jadi ekonomi berarti aturan rumah tangga.

Rumah tangga yang dimakud adalah rumah tangga dalam arti luas, yaitu setiap bentuk kerjasama manusia untuk mencapai kemakmuran ata dasar prinsip ekonomi. Misalnya: rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, dan rumah tangga pemerintah. Selanjutnya ketiga rumah tangga ii disebut pelaku ekonomi.

Karena ekonomi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai kemakmuran, maka ilmu ekonomi berarti ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi kebutuhannya untuk mencapai kemakmuran.

Kemakmuran disini dimaksudkan sabagai kemampuan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan sebaik-baiknya melalui alat pemuas kebutuhan yang ada. Dengan kata lain seorang yang makmur adalah seorang yang relatif seluruh kebutuhannya telah terpenuhi (kebutuhan =alat pemuas kebutuhan).

Semua ilmu pada dasarnya berasal dari suatu rumpun,yaitu filsafat atau philosophia. Dalam perkembangannya ilmu filsafat ini terbagi atas:

1. Natural Science : Ilmu Fisika, Alam, Biologi, dan Pasti
2. Social Science : Ilmu Hukum, Tata Negara, Sejarah, Ekonomi dll.
3. Humanitarial Science : Ilmu Sastra, Antropologi, dll.

Sebagai cabang dari ilmu sosial, ilmu ekonomi daapt dibedakan menjadi:

a. Ekonomi lukisan (Descriptive Economics)
Ialah ilmu ekonomi yang hanya menggambarkan satu masalah ekonomi suatu negara secara khuus tanpa mengadakan pembahasan
b. Ekonomi Teori (Analysa Economics)
Yaitu ilmu yang bertugas menerangkan hubungan peristiwa-peristiwa ekonomi dan kemudian merumuskan hubungan-hubungan itu dalam suatu hukum ekonomi.
Ekonomi Teori ini terbagi menjadi:
• Ekonomi Makro, yaitu peninjauan masalah ekonomi secara menyeluruh. Misalnya: inflai, keuangan negara dll.
• Ekonomi Mikro, peninjauan masalah ekonomi secara khusus dan suatu rumah tangga ekonomi tertentu. Misalnya: harga, biaya produksi dll.
c. Ekonomi Terapan (Aplied Economics)
yaitu ilmu ekonomi yang dipraktekkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: ilmu ekonomi perusahaan,ekonomi koprasi,ekonomi moneter,dll.
d. Sejarah Ekonomi (Historical of Economics)
Ilmu ekonomi yang mempelajari perkembangan teori-teori ekonomi (struktur kehidupan ekonomi) dari masa ke masa sehingga kita dapat mengetahui perkembangan teori-teori ekonomi sampai dengan ekonomi moderen dewasa ini.
e. Ekonomi Normatif
Yaitu aspek ekonomi yang membahas perkembangan etika dan nilai yang dirangkum oleh kebijaksanaan-kebijaksanaan ekonomi unutuk mencapai tujuan ideal (tertentu) dari ilmu ekonomi. Dengan kata lain yaitu ilmu ekonomi yang berusaha mendudukan masalah ekonomi bagaimana mestinya.
f. Ekonomi Positif
Yaitu ilmu ekonomi yang membahas deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan yang terjadi dalam kehidupan ekonomi yang sebenarnya (ilmu ekonomi yang membahas kejadian perekonomian yang terjadi sebenarnya)

Sudah dulu ya … entar yang laen nyusul. Sedikit dulu dan semoga bermanfaat bagi temen-temen semua. Amien … …

Facebook Comments

Leave a Reply

5 thoughts on “Siapa Bilang Anak IPS itu Buangan?

  1. lah, aku semakin nga paham, sekiraku pelajaran IPS tuh cuma jual beli.
    maklumlah aku nak IPA so nga tahu gtu yang keekonomi2an,
    ikuti pemerintah aja!@ byar mereka pusing2 sndiri!!!!!!!!!!!!!!

  2. WEW! nama ane disebut,
    ehm.. jadi malu,

    btw, belajar ekonomi tu asyik lho…

    sedikit tips, cukup bawa catatan kecil n bikin mind mapping plus rangkuman dari inti materi. pahami. dijamin ulangan dapet 9.

    ngga percaya? coba tanya bu puji ato bu khusnul sbg pengampunya. dulu sudah kubuktikan n hasilnya memuaskan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *